Antusiasme Masyarakat Desa Kedungharjo dalam Rangka Lelang Sawah Kas Desa

  • Oct 14, 2023
  • Kedungharjo
  • Kegiatan Pemerintahan

PemdesKedungharjo - Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 tepatnya pukul 13.00 WIB dilaksanakannya kegiatan Lelang Terbuka Tanah Bengkok dan Tanah Kas Desa yang bertempat di Aula Balai Desa Kedungharjo Kecamatan Bangilan. Tanah kas dan tanah bengkok desa ada 35 bidang yang akan disewakan. Adapun peserta yang hadir pada lelang tanah kas desa sebanyak kurang lebih 45 orang.

Kegiatan Lelang Tanah Kas Desa merupakan kegiatan untuk menentukan pemegang hak sewa tanah sawah yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Kegiatan ini dinamakan lelang, meskipun dalam pelaksanaannya cara penentuan pemegang hak sewa ditentukan berdasarkan undian. Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan lelang tersebut masyarakat desa hanya di perkenanankan mendaftar satu peserta satu rumah (wuwung). Namun, karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, maka penyebutannya menjadi lelang tanah kas desa.

Dalam kegiatan ini Kepala Desa Kedungharjo H. Zubaidi mengatakan bahwa karena jumlah sawah yang akan di sewakan hanya 35 bidang padahal masyarakat yang hadir lebih dari kouta, maka bagi yang saat ini belum beruntung supaya untuk bersabar dan menunggu undian yang akan datang, dan bagi pemegang hak menggarap tanah kas desa semoga hasil panennya berlimpah.