Bimbingan Teknis website Desa oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tuban

  • Sep 12, 2023
  • Ari Wibowo
  • Kegiatan Pemerintahan

PemdesKedungharjo - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKI-SP) Kabupaten Tuban, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website Desa di Pendapa Kecamatan Bangilan, Selasa (12/09).

Kabid Aptika pada DKI-SP Tuban Sumarno, S.Pd., MM. menjelaskan, website desa merupakan media digital resmi yang wajib dimiliki semua desa di Kabupaten Tuban. Melalui website desa, kata Marno, segala potensi desa dapat diketahui oleh masyarakat secara luas. Selain itu, website desa juga bisa digunakan untuk mengenalkan produk-produk asli desa secara online dan website desa sendiri merupakan salah satu bentuk digitalisasi di desa, utamanya untuk media informasi desa. Sebagai tindak lanjut program desa digital, yang di-launching oleh Mas Bupati Tuban pada Desember 2021. Oleh karena itu, tutur Sumarno, semua pemerintah desa harus memiliki website desa, pelayanan surat menyurat menggunakan tanda tangan elektronik, penyediaan akses wifi gratis untuk masyarakat desa dan APMD online yang dapat diakses di apmd.tubankab.go.id, atau APMD Mesin yang ada di kantor desa untuk digunakan masyarakat desa mencetak surat pelayanan secara mandiri.

Kegiatan Bimtek tersebut, dipandu oleh instruktur dari Diskominfo-SP Kabupaten Tuban yang menjelaskan tentang tata cara pembuatan berita, meng-update struktur organisasi desa, update data desa, mem-posting berita terkini desa. Pada bimbingan teknis ini, juga dijelaskan tata cara penggunaan website dengan CMS Sistem Desa dan Kawasan New Generation (SIDEKA-NG) yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan kementerian terkait. 

 

Sumber : Tubankab