Ucap Rasa Syukur | Warga Desa Kedungharjo Gelar Sedekah Bumi

  • Oct 30, 2023
  • Kedungharjo
  • Kegiatan Pemerintahan

PemdesKedungharjo - Sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta karena telah diberi kelimpahan hasil pertanian, warga Desa Kedungharjo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban menggelar Sedekah Bumi, (Minggu, 29/10/23).

Tradisi yang dilaksanakan setiap 1 Tahun sekali itu diramaikan oleh ratusan masyarakat dan dihadiri oleh Bapak Sukardi selaku Babinsa dan Bapak Krisna selaku Bhabinkamtibmas Desa Kedungharjo.

Menurut Bapak Zubaidi selaku Kepala Desa Kedungharjo, selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodaqoh berupa makanan.

"Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga merupakan wujud dalam pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, yang mana kata orang-orang terdahulu sedekah bumi dapat menolak bencana (balak) atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh" Ucap Bapak Zubaidi di sela-sela acara.

Adapun rangkaian acara dalam Sedekah Bumi Pemdes kedungharjo ini, diantaranya adalah Pengajian Umum bersama KH. Jauhari Fahmi pada (Rabu, 25/10/23) yang selanjutnya disusul dengan adanya Jalan Sehat Bareng Pemdes Kedungharjo pada (Minggu,29/10/23), serta Pertunjukan Pagelaran Seni Ketoprak pada (Minggu,29/10/23) Sore.

"Sedekah Desa atau Sedekah Bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturahmi antar warga desa, juga menciptakan keeratan warga desa dalam membangun Pemerintah Desa yang unggul. Untuk itu, saya minta kepada semua warga untuk terus mempertahankan tradisi ini". Sambung Bapak Zubaidi.